Sabtu, 13 Juni 2009

Dunia ini adalah Dunia E

Dunia E. Tanpa kita sadari, huruf yang sedang membumi di dunia adalah E. Berikut adalah beberapa kata yang mengandung huruf E: Entertainment, Electronic, Toilet, Teknologi, pembalut, blogger dan lain-lain. Kata-kata itu mengandung huruf E. Sebagai salah satu diantara 5 huruf vokal dalam jajaran huruf alphabet, huruf E sangat diperhitungkan di dunia perhurufan. Terlebih di jaman sekarang, Saya menyebutnya dunia E. Tulisan kali ini gak akan mbahas ttg pembalut or brengsek (uuuppsiiee.. :D) yang ada huruf E-nya. Tapi E disini mengarah kepada Electronic. Bagaimana tidak, dunia ini sedang dikuasai oleh makhluk bernama electronic or elektronik. Mulai dari E-mail sampai E-banking. Tentunya, E di setiap awal kata bermakna Electronic kecuali Elo yang bermakna kamu. Berikut beberapa ulasannya:

E-mail, kependekan dari Electronic mail. E-mail membolehkan kita untuk mengirim surat secara individual atau kolektif lewat internet. Nama e-mail sangat familiar di telinga kita, apalagi buat Anda bloggers sudah tak asing lagi dengan istilah ini bahkan sampai ngelinthek (baca: mengelupas) di otak Anda. Contoh kalimat "Kirimlah e-mail kepada diriku", ini berarti kamu disuruh ngirim e-mail kepada si Dia. Seiring dengan laju jaman dan informasi yang tak terbendung, e-mail pun sering berubah penulisannya, apalagi buat kalangan SMSers dan Chatters. E-mail bisa berubah bentuk jadi imel, mel, mail, atau bahkan merujuk kepada site2 penyedia imel (maaf, e-mail) maca Yahoo!, Hotmail, gmail dll. Ini wajar, semakin hari orang semakin ingin gampangnya sendiri, jadi e-mail pun berubah penulisan menjadi kata2 tersebut.

E-Banking, kependekan dari Electronic Banking. Ini memperbolehkan kita untuk tidak datang ke cabang BNI, Bank Mandiri, dan bank-bank lainnya dan antri dengan radius Anda dan teller sejauh ratusan meter yang dipisahkan oleh tembok manusia. Cukup masuk ke Dunia maya, datang ke sitenya, klik sana dan sini, transaksi beres. Peringatan Saya, tolong jangan melakukan pengambilan uang lewat E-banking, karena uangnya gak akan keluar! peringatan lagi, jangan sembarangan transaksi di komputer orang. Karena siapa tau ada third party (bukan pesta ketiga lhoo yaa) alias orang ketiga yang mengintip, mengintai, melototin, nyolong, or apapun namanya itu. Terlebih tingkat kejahatan yang semakin meninggi!

E-shopping. Kependekan dari electronic shopping. Contoh site-nya ada eBay. Ini adalah site untuk melelang barang-barang Anda. Kemudahan E-shopping adalah anda bisa shopping barang-barang electronic. Eh salah! E-shopping mempermudah kita untuk duduk di rumah menikmati segelas kopi sambil baca koran. Cukup masuk ke dunia serat optik, masuk ke site yang kita tuju, pilih barang yang kita beli, dan dalam waktu tertentu barang akan sampe di rumah Anda. Sebagai peringatan, jangan lupa membayar! kalau gak bayar, jangan harap barang sampe di rumah Anda! Tapi kalo Anda membayar, jangan berharap banyak barang itu sampe ke rumah Anda. Karena, satu hal yang tidak dipunyai internet adalah TRUST! Kepercayaan! Saling percaya antara Anda dan barang. Eh salah, antara Anda (konsumen) dan produsen :)

E-library, kependekan dari Eletcronic library. Membolehkan Kita untuk menghindari membaca buku di perpus berjam-jam bahkan berhari2 menunggu buku yang kita harapkan dan dipinjam orang lain untuk segera kembali. Syaratnya gampang, Anda harus punya uang! Percayalah, tanpa uang, Anda gak bisa beli buku-buku itu. Dunia ini komersil? Silakan Anda sendiri bebas untuk menilainya :)

E!, kependekan dari electronic !... bukan, Anda salah! E! adalah logo dari Entertainment channel yang biasanya ada di TV cable. Kalau di rumah Anda hanya masang Antena biasa, jangan harap Anda temukan channel ini. Silakan datang aja ke agen-agen indovision untuk pemasangan. Di channel ini Anda bisa menikmati sajian selebriti dunia macam Britney, Christina, Renee Zellweger dan berbagai artis hollywood (ingat bukan bollywood!) yang jauh lebih bagus kualitasnya dibandingkan dengan Kabar-kabari, Cek dan re-cek dan berbagai macam infotainment. Jangan harap Anda temukan Syahrani di channel ini, karena Syahrani adalah penyanyi Jazz Indonesia terkemuka (oooh itu Syaharani yaaa!)... Jiplak dia aah :)

E-music, electronic music. Jaman sekarang, Anda tidak harus datang ke toko-toko kaset untuk mencari lagu-lagu chill out, the Beatles dll. Cukup datang ke site2 penyedia e-music, Anda bisa mencari artis favorit Anda. Kalau mau download lagu-lagu kesayangan yang lain secara gratis, milikilah software macam Kazaa, Bittorent, dll. Niscaya Anda akan mudah memperoleh lagu-lagu terbaru di belahan dunia ini

Tidak ada komentar: